News  

Boeing Terpuruk, Airbus Tetap Bersahaja

Dalam babak terakhir perjuangan selama puluhan tahun untuk mendominasi pesawat komersial, Airbus buatan Eropa, berhasil mengungguli Boeing dalam penjualan, bahkan sebelum perusahaan Amerika Serikat (AS) itu terus mengalami berbagai masalah pabrikan dan keselamatan penerbangan.

Airbus telah melampaui Boeing selama lima tahun berturut-turut dalam hal pemesanan dan pengiriman pesawat. Airbus baru saja melaporkan peningkatan laba bersih kuartalan sebesar 28 persen. Perusahaan ini memenangkan pangsa pasar, mengalahkan Boeing dalam mengembangkan pesawat ukuran sedang yang hemat bahan bakar dan lebih murah untuk diterbangkan oleh maskapai penerbangan.

Kini Boeing menghadapi pembatasan produksi yang diwajibkan pemerintah terhadap pesawat terlarisnya. Namun Airbus tampaknya tidak akan memperluas keunggulannya dalam persaingan dengan Boeing meskipun pelanggannya menginginkan lebih banyak pesawat komersial, menurut analis penerbangan.

Alasannya, Airbus sudah membuat pesawat secepat mungkin dan menerima lebih dari 8.600 pesanan. Boeing memperlambat produksinya atas perintah Badan Penerbangan Federal (FAA) AS. Boeing merugi $355 juta pada kuartal pertama, karena turunnya pengiriman pesawat dan kompensasi yang dibayarkan kepada maskapai penerbangan atas penghentian sementara pesawat jenis Max 9. [ps/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com